Jan 26, 2012

Cara Merawat Komputer atau PC **

Bagi kawan-kawan yang ingin umur komputer/pc-nya ga pendek, nih kami mencoba untuk berbagi ilmu seputar perawatan pc/komputer. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Debu.

Bersihkan debu-debu yang melekat pada bagian motherboard dan komponen lainnya dengan menggunakan kuas. Bila perlu lepas komponen-komponen lain tersebut semisal VGA card, RAM, atau komponen tambahan lain yang terpasang pada motherboard, kemudian bersihkan bagian emas-nya dengan menggunakan karet penghapus. Lakukan pembersihan ini dalam durasi 3x/bulan. Debu-debu yang menempel pada hardware dapat mempengaruhi kinerja komputer, bahkan bila dibiarkan bisa membuat komponen yang rusak tersebut menikmati masa pensiun, hehehe.

2. Suhu

Suhu pada komputer sebaiknya berada pada batas 45-50 derajat Celcius. Jangan sampai melewati 80 derajat celcius, karena bisa mengakibatkan komputer kawan-kawan hank, dan kalo sering-sering ya bisa rusak. Perlu diperhatikan, suhu ruangan dapat mempengaruhi suhu di dalam komputer. Oleh karena itu, sirkulasi udara di dalam kamar harus dapat diatur dengan baik, entah itu membuka jendela kamar, atau  menyalakan kipas angin, hexos, atau kalau perlu Air Conditioner (AC), karena fan yang ada di dalam pc saja tidak cukup untuk benar-benar menjaga suhu yang optimal.
Agar kawan-kawan dapat mengetahui berapa suhu komputer, silahkan sedot aplikasinya yaitu core-temp, atau speedfan.

3. Hardisk

Hendaknya pempartisian dilakukan dengan cermat. Untuk kebutuhan sistem yang ada di drive C itu tak lebih dari 10GB. Buatlah partisi Harddisk yang proporsional. Misal Harddisk 80GB dengan Space Used C tidak lebih dari 5GB akan lebih baik kalau kita buat 3 partisi dengan 10GB untuk C, 35GB untuk D dan 35GB untuk E. Dengan demikin akses untuk System dan loading data akan lebih cepatSesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan, karena penyimpanan data yang berlebihan dapat memperlambat kinerja pc, pemakaian aplikasi yang tidak sesuai spesifikasi komputer pun dapat memperlambat kinerja komputer.
Sekedar tambahan, sebaiknya pada drive C (sistem) itu diberi aplikasi deepfreeze atau semacamnya untuk berjaga-jaga. Mau tau maksudnya? silahkan cek deep freeze.

4. Pemasangan peripheral dan soket

Pastikan Peripheral dan soket terpasang kencang tanpa ada yang kendur.

5. Power Supply

Perhatikan selalu kondisi power supply, karena ialah yang memompa arus listrik ke motherboard dan teman-temannya. Semakin ideal power supply, semakin baik pula pengoperasian pc.

6. Stabilizer

Setiap arus listrik yang didapat dari sumbernya (PLN) itu berbeda-beda, bisa naik bisa turun. Hal ini tidak baik buat kesehatan hardware. Tenang aja, stabilizer bisa menstabilkan arus listrik, dapat meminimalkan potensi kerusakan hardware.

7. UPS

UPS atau Uninteruptable Power System adalah klik di sini.

8. Anti Virus

Gunakan anti virus yang sesuai dan selalu update. nih sedot aja banyak klik aja di sini.

9. Repair/tune-up

Perbaikan pc anda juga dibutuhkan dalam wujud software. coba downloada aja ini.

10. Back-up Data

Simpanlah data-data penting anda ke dalam bentuk kepingan cd/dvd untuk antisipasi pc kawan-kawan sudah di check-mate oleh virus.

11. Penghangatan peripheral

Jangan terlalu lama membiarkan pc kawan-kawan diam terlalu lama, agar tidak terjadi kelembaban udara pada hardware, nyalakan pc minimal 1-2 jam/hari untuk menghangatkan hardware.

12. Standby/hibernate

Juga jangan terlalu lama dinyalakan, agar tidak boros dalam pemakaian listrik. Maka, hibernate/standby pc kawan2. Pada mode hibernate/standby, komputer terlihat mati total, namun sesungguhnya komputer masih dalam mode menyala, hanya saja menyala dalam arus yang sedikit.

13. Awas Getar

Hindari getaran yang berlebihan pada pc, karena dapat berakibat fatal pada hardisk apalagi ketika pc sedang menyala.

14. Perawatan berkala dan konsultasi

Maintenance atau perawatan serta konsultasi dengan teknisi komputer sangat diperlukan apabila kawan-kawan kurang mengerti seputar pc dan sespesiesnya. Dianjurkan berkonsultasi dengan teknisi yang kita kenal/orang yang kita percayai. Contoh HIMA Teknik Informatika UHAMKA pada khususnya, dan sahabat Teknik Informatika UHAMKA pada umumnya dapat dipercayai dan insya Allah akan membantu sebisanya.. hehehe promessi.

nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat meski hanya sedikit :v .

>>Bergerak & Bermanfaat

2 comments:

  1. kakak aku mau tanya donk..
    kalok untuk perawatan laptop agar gak cepet rusak gmn yaaa,,, apakah sma dengan perawatan pc..
    tanks sebelumnya

    ReplyDelete
  2. ya kaka engkong, sebenermya pengen dishare, tapi berhubung mimin-nya lagi rada repot, jadi ditunda dulu ya.. makasih..

    ReplyDelete