Feb 20, 2012

Kontes Robot Indonesia 2012




Tahun 2012 Indonesia kembali akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon 2012 yang akan berlangsung di Hong Kong, China, pada tanggal 19 Agustus tahun 2012, dimana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri. Lomba tersebut merupakan lomba yang ke-sebelas yang akan diselenggarakan di Hong Kong dengan peserta dari negara-negara anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran dikawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus stasiun televisi dan radio dari lima puluh Negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia sebagai anggota. 
Tim yang mewakili Indonesia akan dipilih melalui seleksi dalam Kontes Robot Indonesia 2012 (KRI-2012) yang akan diselenggarakan secara bertahap  dimulai dengan Kontes Regional pada 5(lima) wilayah yaitu Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. Pemenang dari kelima  Kontes Regional akan diikutsertakan dalam Kontes Nasional KRI-2012 yang akan berlangsung pada tanggal 16-17 Juni 2012 di kota Bandung. Dua puluh empat tim dari perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi regional dapat berpartisipasi dalam kegiatan Nasional  KRI-2012. Ketentuan pertandingan KRI-2012 mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2012, dimana setiap tim terdiri dari 3(tiga) orang mahasiswa dan 1(satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan.  Kegiatan tersebut pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian epada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, bekerjasama dengan  Institusi yang ditunjuk untuk pelaksanaan kontes regional, dan khusus untuk Kontes Nasional KRI-2012 bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk untuk pelaksanaan Kontes Nasional. Tujuan dari kontes robot ini adalah untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan minat para mahasiswa dalam teknologi maju, khususnya teknologi robotika yang sangat dibutuhkan bagi industri.

Insya Allah tahun ini juga, seperti tahun sebelum-sebelumnya, Teknik UHAMKA ikut serta dalam kontes tersebut, dan Insya Allah bisa mendapatkan hasil yang diharapkan.

>>Bergerak dan Bermanfaat

No comments:

Post a Comment