Feb 13, 2012

Tips Merawat Laptop

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar teman-teman? seiring kebutuhan akan teknologi yang pesat ini, banyak alat-alat teknologi yang mesti kita miliki untuk membantu menuntaskan segala kebutuhan kita, entah untuk menyelesaikan tugas kuliah, kerja, main game, nonton video, internetan atau untuk lihat..hehehe. Langsung saja, admin yang keren ini akan memaparkan beberapa tips untuk merawat laptop dan sespesiesnya.

1. Suhu
Pada saat penggunaan, pastikan ruangan yang dipakai berada dalam suhu yang cukup sejuk. Karena fan/kipas yang dipunyai laptop tidak cukup untuk mengimbangi panas kinerja laptop. Sebisa mungkin, ruangan dilengkapi kipas angin, atau lebih baik lagi dilengkapi AC(Air Conditioner). Hiasi Laptop teman-teman dengan speedfan, untuk mengetahuii berapa suhu laptop.

2. Letak
Apabila  menggunakan laptop, jangan letakkan laptop di tempat yang berdekatan dengan barang-barang lain. Jangan pula diletakkan diatas alas, karpet, sarung atau yang menutup fan laptop.  Letakkan laptop bersentuhan lantai secara langsung, tapi bersihkan lantai terlebih dahulu agar debu tidak masuk ke dalam laptop. Hal ini untuk menyiasati agar suhu stabil. Setelah penggunaan, jangan  memasukkan laptop ke dalam sarungnya. Laptop yang sehabis digunakan, masih dalam kondisi panas, jadi jika dimasukkan ke tempat yang tertutup seperti sarungnya, maka akan mempertinggi suhu yang berakibat buruk pada laptop kesayangan teman-teman. Jangan letakkan laptop di bawah benda-benda berat, tau kan kenapa? hehe.

3. Perangkat Lunak
Perangkat lunak (atau yang bahasa inggrisnya software), tidak boleh sembarangan di-download. Jika di-download sembarangan tanpa scan, maka akan membahayakan laptop teman-teman dari bahaya virus, malware, dan antek-anteknya. Lengkapi laptop anda dengan anti virus seperti Avast, atau pilih anti virus klik di sini.. Teman-teman pun harus memiliki software maintenance seperti  iobit advanced system care agar kinerja laptop teman-teman tidak lamban dan umurnya pun ga pendek.

4. Hindari Kerusakan Hardware
Kerusakan yang sering terjadi dan yang perlu dihindari :

a. Menyentuh atau menekan layar monitor , dan hindari layar berkontak langsung dengan sinar matahari.
b. Hindari laptop dari benturan-benturan karena harddisk sangat rentan rusak akibat benturan.
c. Jauhkan laptop dari benda-benda cair seperti minuman, karena jika air mengenai laptop, air akan masuk ke      dalam laptop melalui celah keyboard dan celah lain, sehingga laptop teman-teman bisa masuk rumah sakit. Untuk memperkecil potensi air atau bahkan debu masuk melalui celah keyboard, kami sarankan untuk menggunakan pelindung keyboard, meskipun agak ribed hehehe.
d. Jangan dekati laptop dengan alat pengeras suara(speaker) atau alat lain yang memiliki tekanan magnet, karena laptop alergi dengan alat-alat yang mempunyai tekanan magnet.
e. Berhati-hati dalam memasukan flash disk, modem, atau perangkat inputan lain ke laptop. Hal ini perlu diperhatikan mengingat bahan kawat pada port laptop mudah bengkok.
f. Sedia selalu plastik ukuran besar untuk melindungi laptop teman-teman  dari serangan hujan yang labil belakangan ini.

5. Trouble
Jika ada teman-teman mengalami masalah-masalah lain terkait laptop dan semacamnya. Silahkan kita sama-sama sharing, untuk menemukan pemecahan masalahnya. Silahkan hubungi teman-teman HIMA TI UHAMKA, sebisa mungkin kita temukan solusinya.

Demikian tips-tips perawatan laptop dan sejenisnya dari kami, admin yang keren ini pamit dulu. Mohon maaf bila banyak kesalahan, silahkan komentar di kotak surat blog ini. Ilaalliqoo` (sampai jumpa). 
Wassalaam.

>>Bergerak & Bermanfaat

No comments:

Post a Comment